TEMA

Sub-tema
5

Penguatan Konektivitas Indonesia Sebagai Negara Kepulauan

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.000 pulau yang merentang 5000 km dari timur ke barat. Ini menjadi salah satu tantangan dalam mengurangi disparitas regional. Banyak daerah memiliki infrastruktur dan layanan transportasi publik yang terbatas, dan jarak yang jauh berakibat pada biaya yang tinggi, baik bagi manusia maupun bagi bisnis.

Konektivitas yang lebih baik antar jejaring transportasi dan tempat di mana orang tinggal dan bekerja akan memudahkan orang untuk mengakses pasar dan layanan, dan mengurangi biaya transportasi barang. Hal ini akan meningkatkan produktivitas dan daya saing di dalam wilayah dan secara nasional.

Mengingat besarnya Indonesia, memperbaiki jejaring transportasi dan konektivitas membutuhkan investasi yang besar dan pendekatan yang terkoordinasi. Hal ini akan membantu memastikan bahwa jejaring transportasi menghubungkan pusat-pusat pertumbuhan dan meningkatkan akses bagi masyarakat yang tinggal di wilayah terpencil dan terisolasi.

Adapun tantangan utama bagi konektivitas regional, antara lain: lemahnya integrasi antara simpul transportasi dan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi (misalnya, kawasan industri); lemahnya integrasi infrastruktur untuk berbagai moda transportasi (darat, laut dan udara); rendahnya pemanfaatan teknologi baru guna meningkatkan integrasi layanan transportasi; rendahnya investasi sektor swasta dalam pengembangan konektivitas di luar Jawa; dan tingginya biaya transportasi.

Strategi apa saja yang dapat mendukung peningkatan konektivitas dan membantu mengurangi disparitas regional?

Submisi terbuka untuk makalah dengan topik-topik berikut:

  1. Meningkatkan integrasi jejaring transportasi dengan pusat-pusat pertumbuhan.
  2. Meningkatkan konektivitas untuk mengurangi biaya logistik dan biaya rantai pasok.
  3. Pemanfaatan platform TIK untuk menghubungkan penyedia dan pengguna layanan transportasi.
  4. Memperbaiki perencanaan jejaring transportasi untuk wilayah baru dan yang sudah ada.