TEMA

Sub-tema
4

Memanfaatkan Potensi Ekonomi Digital Untuk Mendorong Pembangunan Daerah

Di seluruh dunia, pesatnya pertumbuhan ekonomi digital telah mengubah tatanan bisnis, pemerintah dan masyarakat, di mana kini berbagai layanan, pekerjaan, dan kegiatan sosial dan pendidikan tersedia online. Ekonomi digital telah menjadi kontributor besar bagi pertumbuhan ekonomi, memfasilitasi perdagangan, menciptakan lapangan kerja baru dan peluang ekonomi, serta memungkinkan bisnis untuk memperluas pasarnya.

Penggunaan ponsel dan internet sudah marak di Indonesia dan e-commerce tumbuh dengan cepat, di mana penjualan bisnis online meningkat 40 persen setiap tahunnya. Pemerintah pusat dan daerah telah merangkul teknologi digital dan semakin banyak layanan pemerintah kini ditawarkan online.

Berbagai perkembangan ini menawarkan peluang untuk mendorong pengembangan ekonomi digital  lokal dan regional sebagai cara untuk mendukung pertumbuhan dan pembangunan regional. Di wilayah-wilayah di mana akses fisik ke pasar menjadi kendala signifikan, teknologi digital dapat membantu mengatasi sebagian kendala jarak dan infrastruktur ini.

Akan tetapi, Indonesia menghadapi sejumlah tantangan dalam mengembangkan ekonomi digitalnya, antara lain: regulasi yang memberatkan; persebaran infrastruktur dan sumber daya manusia yang tidak merata untuk mendukung ekonomi digital; kesenjangan dalam ketersediaan  dan kapasitas untuk memanfaatkan TIK; dan kurangnya kerja sama antar pemangku kepentingan dan kebijakan terkoordinasi untuk mendorong ekonomi digital.

Bagaimana Indonesia dapat mendukung potensi ekonomi digital untuk mendorong pertumbuhan perekonomian pada tingkat nasional, regional dan lokal? Apa saja tantangan dan risiko utamanya, dan bagaimana mengatasinya?

Submisi terbuka untuk makalah dengan topik-topik berikut:

  1. Regulasi dan inisiatif kebijakan untuk percepatan ekonomi digital.
  2. Mengembangkan kewirausahaan digital regional.
  3. Mengembangkan kapasitas SDM untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital.
  4. Meningkatkan kerja sama pemangku kepentingan untuk mendorong ekonomi digital.
  5. Inovasi pembuatan kebijakan regional melalui ekonomi digital.