Pertanyaan Yang Sering Muncul

Penyerahan Abstrak

Abstrak harus diserahkan sebelum tanggal 19 Mei pukul 23:59 WIB (16.59 UTC).

Ya. Abstrak yang diserahkan dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Jumlah kata dalam abstrak harus berkisar antara 150 sampai dengan 250.

Abstrak harus memuat penjelasan singkat mengenai alasan penulisan, masalah, metodologi, hasil dan dampak. Tautan berikut ini mungkin bermanfaat bagi Anda:

Ya, mohon menyertakan nama-nama penulis lain dalam formulir penyerahan online.

Ya. Mohon mengirimkan email kepada  cfp@indonesiadevelopmentforum.com untuk memberitahukan kepada kami jika Anda ingin menarik kembali abstrak Anda.

Abstrak tidak akan diterbitkan/dipublikasikan.


Penyerahan Makalah dan Presentasi

Tidak. Mohon menunggu sampai ada pemberitahuan dari kami bahwa abstrak Anda telah lolos seleksi sebelum mengirimkan makalah dan presentasi Anda. Agar adil bagi semua, kami hanya akan menggunakan abstrak dalam proses seleksi.

Makalah dan presentasi harus diserahkan melalui website sebelum 22 Juni 2018 pukul 11.59 (16.59 UTC)

Ya. Makalah dan presentasi dapat ditulis baik dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris.

Batas jumlah kata untuk makalah adalah 6000 kata. Referensi, gambar, diagram, tabel dan grafik tidak disertakan dalam penghitungan jumlah kata.

Anda akan menerima email pemberitahuan otomatis saat Anda menyerahkan makalah dan presentasi Anda.

Ya. Mohon email ke cfp@indonesiadevelopmentforum.com jika Anda ingin menarik kembali makalah Anda.

Semua makalah yang dipresentasikan di IDF2018 akan dipublikasikan dalam Jurnal Perencanaan Pembangunan Indonesia yang terdaftar di ISBN/ISSN. Makalah-makalah terpilih dapat diajukan untuk dipublikasikan dalam jurnal internasional terindeks Scopus. Makalah terbaik juga akan mendapatkan penghargaan khusus dari Menteri Bappenas.


Partisipasi dalam bentuk respons terhadap Undangan Menyerahkan Makalah

Tentu saja tidak! Kami juga menerima makalah dari praktisi pembangunan, baik dari pejabat pemerintah pusat maupun daerah, LSM, dan sektor swasta.

Ya, kami menerima makalah dari mahasiswa program pascasarjana atau mereka yang baru lulus dari program pascasarjana, selama karya Anda sesuai dengan subtema-subtema yang ada.

Kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang inklusif untuk memastikan bahwa para penyandang disabilitas dapat berpartisipasi penuh dalam IDF. Kami akan berusaha sekuat mungkin mengakomodasi permintaan bantuan khusus untuk membuat IDF dapat diakses oleh para penyandang disabilitas. Mohon beritahukan kepada kami bantuan khusus apa yang Anda butuhkan saat mendaftar. Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi  info@indonesiadevelopmentforum.com


Proses Seleksi

Setelah Anda menyerahkan abstrak, kami akan mereviu isinya dan relevansinya dengan tema utama dan subtema-subtema. Jika abstrak Anda lolos reviu awal ini, abstrak Anda akan direviu dengan sistem "double blind peer review." Artinya para reviewer tidak dapat melihat siapa penulis abstrak dan penulis abstrak tidak dapat melihat siapa yang mereviu abstraknya. Ini membantu kami memastikan mutu makalah-makalah yang akan dipresentasikan dalam IDF. Karena jumlah slot untuk presentasi lisan terbatas, kami bertujuan menampilkan presentasi yang sesuai dengan minat dan relevan dengan peserta IDF.

Reviewer akan mencari abstrak yang:

  • Relevan dengan tema dan subtema;
  • Dapat diterapkan untuk kebijakan;
  • Menampilkan argumen, pesan kunci atau poin-poin penting yang jelas;
  • Orisinil atau inovatif;
  • Memiliki metodologi yang jelas; dan
  • Didasarkan pada praktis atau penelitian/bukti lain.

Kami akan memberitahu Anda jika abstrak Anda diterima sebelum tanggal 8 Juni 2018. Pemberitahuan akan dikirimkan melalui email yang Anda sertakan saat menyerahkan abstrak.


Pendanaan

Sayangnya, kami tidak dapat menyediakan honor atau pembayaran lain apa pun jika abstrak Anda diterima.

Peserta diharapkan membiayai sendiri perjalanan, akomodasi dan kebutuhan lainnya. Pembicara yang terpilih mungkin akan mendapatkan bantuan dana. Informasi lebih lanjut akan disediakan saat tanggal acara sudah dekat.

Tidak. Tidak dipungut biaya apapun untuk menghadiri IDF. Namun demikian, peserta bertanggungjawab membayar biaya perjalanan, akomodasi, makan dan biaya lain mereka sendiri.


Langkah Selanjutnya

Selamat! Sekarang ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan:

Siapkan makalah dan presentasi Anda: Anda harus merampungkan dan menyerahkan makalah Anda. Tenggat penyerahan makalah adalah 22 Juni Anda harus juga mempersiapkan presentasi. Jika tanggal acara sudah dekat, kami akan memberikan panduan mengenai bagaimana menyiapkan presentasi dan apa yang harus diantisipasi dari sesi.

Mendaftar: Anda harus mendaftar melalui website.  Kami akan mengirimkan tautannya saat tanggal acara sudah dekat.

Buat rencana perjalanan dan akomodasi Anda: Para pembicara bertanggungjawab mengatur dan mendanai perjalanan dan akomodasi mereka sendiri. Anda mungkin dapat meminta dukungan dana dari lembaga Anda. Jika Anda bukan WNI, Anda membutuhkan visa untuk memasuki wilayah Indonesia. Mohon mengontak Kedutaan atau Konsulat Indonesia di negara Anda untuk mencari informasi mengenai visa apa yang Anda butuhkan. Kami akan mengeluarkan surat resmi kepada semua pembicara yang telah dikonfirmasi agar bisa dipergunakan untuk mengatur perjalanan dan mengajukan permohonan visa. 

Ya, makalah dapat dipresentasikan dalam bahasa Inggris atau Indonesia. Penjurubahasaan simultan akan disediakan di sepanjang acara.

Program final akan tersedia akhir Juni.

Jika Anda berhalangan hadir, salah satu penulis lain (yang bersama Anda menyusun makalah) dapat menggantikan Anda. Jika semua penulis lain juga berhalangan, kami akan mengeluarkan makalah Anda dari program.