Sub-tema
7

Mengembangkan Talenta dan Pasar Lokal

Bagaimana Indonesia dapat mengambil manfaat dari bonus demografinya untuk mendorong pembangunan lokal? Keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk menciptakan dan menumbuhkan pasar-pasar yang baru? Bagaimana bisnis dapat mengidentifikasi dan membina talenta lokal?

Indonesia memiliki populasi kaum muda yang besar. Mayoritas orang muda ini terkonsentrasi di kota-kota besar Jawa dan Sumatra, yang menawarkan pendidikan berkualitas lebih baik dan lebih banyak peluang kerja dibandingkan daerah lainnya. Terlepas dari itu, fokus kepada kota-kota ini saja tidak akan cukup, khususnya karena ada potensi pertumbuhan yang lebih besar di berbagai sektor di kota-kota kecil dan menengah di luar Jawa. Demi memanfaatkan potensi ini, dunia usaha perlu memikirkancarauntuk mendiversifikasi lokasi bisnismereka. Pada saat yang sama, Pemerintah perlu memikirkan bagaimana mendukung bisnis untuk dapat berhasil di daerah-daerah baru. Hal ini mencakup strategi untuk mengembangkan dan memanfaatkan talenta lokal, mendorong inovasi, dan menyediakan peluang untuk menumbuhkan pasar lokal.

Sub-tema ini mendalami:

  • Bagaimana bisnis dan pemerintah daerah dapat bekerja bersama untuk mengembangkan pasar lokal;
  • Strategi untuk mengidentifikasi dan menumbuhkan talenta lokal sebagai penggerak kegiatan ekonomi;
  • Menjadikan bisnis lokal lebih kompetitif secara global;
  • Keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan untuk mendukung pengembangan ekonomi lokal;
  • Bagaimana mendorong aglomerasi antara wirausaha baru, usaha kecil dan menengah, melalui pengembangan klasterdan koperasi.
--> -->