Sub-tema
5

Mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah yang Berdaya Saing Global

Bagaimana Indonesia dapat menciptakan ekosistem yang mendukung kewirausahaan dan memungkinkan dunia usaha Indonesiauntuk dapat bersaing secara global? Pendekatan apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas usaha mikro, kecil dan menengah dan mendorong inovasi?

Mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah dapat membantu menciptakan lapangan kerja baru, mendorong inovasi, meningkatkan produktivitas dan mendorong sektor usaha Indonesia untuk bersaing secara internasional. Indonesia menawarkan peluang yang besar untuk usaha baru, namun jumlah wirausaha masih relatif kecil, dan banyak usaha yang gagal pada tahap-tahap awal. Produk-produk lokal tidak memiliki daya saing global, sehingga dunia usaha masih belum bisa memanfaatkan berbagai peluang untuk mengekspor barang dan jasa ke pasar internasional. Untuk mendukung pertumbuhan kewirausahaan, Indonesia perlu menciptakan ekosistem yang memudahkan wirausaha untuk memulai dan menumbuhkan bisnisnya, dan memberi pemilik bisnis akses kepada pelatihan, bimbingan, pembiayaan, dan jejaring.

Sub-tema ini mendalami:

  • Kebijakan yang dapat membantu menciptakan lingkungan yang mendukung bagi kewirausahaan dan mempromosikan daya saing global;
  • Bagaimana mendorong inovasi dan meningkatkan produktivitas usaha mikro, kecil, dan menengah;
  • Pendekatan yang efektif pada pelatihan dan bimbingan untukmendukung usaha baru dan yang sedang tumbuh;
  • Strategi untuk meningkatkan akses ke kontrak-kontrak pengadaan pemerintah untuk usaha mikro, kecil dan menengah;
  • Bagaimana mendorong kemitraan strategis antara usaha menengah-besar dan usaha mikro-kecil untuk meningkatkan skala bisnis dan daya saingnya.
--> -->