Sub-tema
6

Membina Para Pelaku Usaha Sosial

Bagaimana Indonesia dapat mendukung pertumbuhan usaha-usaha sosial? Kebijakan dan pendekatan apa yang dapat membangun kapasitas untuk kewirausahaan sosial, termasuk di daerah-daerah terpencil dan tertinggal?

Usaha sosial membantu mendorong ekonomi dan masyarakat yang lebih inklusif. Usaha sosial dapatmenciptakan lapangan kerja, membantu mengatasi tantangan sosial dan lingkungan, dan menyediakan layanan kepada masyarakat. Banyak usaha sosial juga membuka peluang kerja kepada perempuan dan kelompok rentan lainnya dan melibatkan masyarakat dan mereka yang tersisih dari angkatan kerja melalui kerelawananmasyarakat. Selain berbasis di wilayah perkotaan, usaha sosial juga dapat ditemukan di perdesaan dan daerah terpencildanmerekamampumendukung lapangan kerja lokal dan memberi akses pada layanan ke masyarakat lokal. Indonesia telah mengalami pertumbuhan pesat dalam usaha sosial dalambidangindustri kreatif, pertanian dan perikanan, dan pendidikan. Mengingat potensinya untuk mendorong penciptaan lapangan kerja dan mengatasi persoalan sosial di masyarakat, satu tantangan kebijakan yang penting adalah mencari cara untuk mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan usaha sosial.

Sub-tema ini mendalami:

  • Rentangusaha sosial saat ini di Indonesia, dan peluang pertumbuhan;
  • Strategi untuk menciptakan ekosistem pendukung, termasuk lingkungan kebijakan dan regulasi, untuk mendorong pertumbuhan usaha sosial;
  • Pendekatan pengembangan kapasitas bagi kewirausahaan sosial, termasuk peran usaha komersial;
  • Skema pendanaan inovatif untuk mendorong perkembangan usaha sosial;
  • Contoh-contoh usaha sosial yang berhasil, khususnya yang berkontribusi untuk menyediakan solusi lapangan kerja di wilayah terpencil dan tertinggal, dan di kawasan timur Indonesia.
--> -->