Sub-tema
4

Memperbaiki Iklim Investasi untuk Penciptaan Lapangan Kerja

Jenis investasi apa saja yang dapat mendorong penciptaan lapangan kerja? Bagaimana Indonesia dapat memperbaiki iklim investasinya dan meningkatkan kemudahan berusaha?

pemerintahdan swasta, khususnya dalam proyek infrastruktur besar, dapat membantu menciptakan lapangan kerja. Namun, menurut Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia, investasi domestik dan luar negeri dalam infrastruktur baru antara Juli dan September 2018 menurun 1,6% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Penurunan ini berdampak pada angka partisipasi kerja, dengan menurunnya jumlah lapangan kerja baru, menjadi 213.731 pada triwulan ketiga 2018, dibandingkan 289.843 pada triwulan sebelumnya. 

Untuk menciptakan lebih banyak peluang kerja yang layak, Indonesia perlu meningkatkan investasi berkualitas, tidak hanya infrastruktur, namun juga di sektor-sektor lain dengan potensi untuk mendorong pertumbuhan pekerjaan yang layak. Peningkatan investasi yang lebih besar di luar Pulau Jawa juga diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih merata.

Mendorong investasi akan memerlukan perbaikan pada iklim investasi. Nilai Indonesia dalam laporan Ease of Doing Business Bank Dunia 2019 meningkat sedikit dari 66,54 pada 2018 menjadi 67,96 pada 2019. Namun demikian, peningkatan lebih lanjut akan memerlukan reformasi pada sistem, tidak hanya prosedurnya. Tanpa itu, target Indonesia untuk meningkatkan investasi berkualitas dan menciptakan lebih banyak pekerjaan yang layak tidak akan tercapai.

Sub-tema ini mendalami:

  • Jenis-jenis investasi yang dapat secara efektif menstimulasi penciptaan lapangan kerja, hari ini dan di masa depan;
  • Kebijakan dan strategi untuk meningkatkan kemudahan berusaha dan memberi insentif bagi investasi, khususnya di luar Pulau Jawa;
  • Pendekatan untuk memperbaiki prosedur investasi, panduan operasional, termasuk pemanfaatan teknologi digital;
  • Strategi untuk meningkatkan investasi  infrastruktur, manufaktur, pariwisata dan sektor-sektor lainnya di Indonesia;
  • Strategi untuk memperbaiki iklim ketenagakerjaan dan pengembangan sumber daya manusia seiring dengan peningkatan investasi, khususnya di luar Pulau Jawa.
--> -->