Subtema
2

Strategi Industrialisasi untuk Mendorong Transformasi Ekonomi

Indonesia sedang mengalami perlambatan pertumbuhan industri yang ditandai dengan pertumbuhan sektor industri yang lebih rendah daripada pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam suatu proses transformasi ekonomi, perlambatan pertumbuhan di sektor sekunder (industri) umumnya akan diiringi dengan peningkatan di sektor tersier (jasa). Akan tetapi, sumber pertumbuhan di sektor jasa Indonesia masih bertumpu pada sektor jasa yang bernilai tambah rendah, informal, dan tidak melibatkan tenaga kerja dengan keterampilan tinggi. 

Pada saat yang sama, pandemi Covid-19 telah mempengaruhi jalur transformasi ekonomi di Indonesia sehingga diperlukan strategi yang berbeda untuk merespons berbagai tantangan sehingga perekonomian mampu pulih dan tumbuh lebih baik dibandingkan periode sebelum pandemi Covid-19. Sektor industri harus tetap menjadi pendorong utama perekonomian Indonesia karena menawarkan peluang besar bagi penciptaan lapangan pekerjaan yang lebih produktif yang memfasilitasi terjadinya proses akumulasi knowledge dan knowhow bagi tenaga kerja serta masyarakat secara keseluruhan. Strategi industrialisasi yang dilaksanakan ke depan harus adaptif terhadap tantangan sekaligus peluang yang ditimbulkan pada kondisi tidak terduga, seperti pandemi Covid-19, untuk mewujudkan transformasi ekonomi yang lebih baik.

Kata Kunci

Reindustrialisasi, adaptasi teknologi, digitalisasi, transformasi ekonomi, pemulihan pasca Covid-19, pertumbuhan berkelanjutan, negara pendapatan tinggi, penciptaan lapangan kerja, produktivitas, akumulasi knowledge dan knowhow, adaptasi, dinamika perekonomian global pasca Covid-19.

Pendalaman Subtema

  1. Praktik terbaik industrialisasi dan reindustrialisasi di berbagai negara. Termasuk pengaruh dari perkembangan teknologi, digitalisasi dan perubahan pola rantai pasok global.
  2. Strategi transformasi ekonomi yang bertahap dan andal.
  3. Strategi pemulihan ekonomi pasca Covid-19 dan peningkatan pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan melalui industrialisasi.
  4. Visi negara pendapatan tinggi dan cara mencapainya melalui industrialisasi.
  5. Kapasitas industri dalam penciptaan lapangan kerja yang layak secara berkelanjutan dan mementingkan keberlanjutan lingkungan.
  6. Produktivitas sebagai faktor utama pertumbuhan industri dan transformasi ekonomi.
  7. Akumulasi knowledge dan knowhow sebagai modal menjadi negara industri maju.
  8. Keunikan perekonomian Indonesia sebagai modal menjadi negara industri maju.
  9. Kapasitas adaptasi industri dalam menghadapi dinamika perekonomian global