• Admin CfS
    Admin CfS
    Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)
Ideas

Ideas [TEST]

2019
Ideas [TEST]

Hidup Bashir (petani bawang merah) tidak pernah tenang. Terutama akhir-akhir ini. Impor bawang merah besar-besaran membuat dirinya khawatir harga bawang merah turun drastis. Kalau sampai turun drastis, jelas ia akan mengalami kerugian. Apalagi yang dapat dilakukan oleh Bashir? Ia tak bisa apa-apa. Harga naik dan turun, semua sudah tak tentu. Seperti main remi. Seperti mengocok togel. Kalau keluar bagus yang bisa makan, kalau tidak, berarti harus makan batu – untuk mengganjal perutnya.

Keadaan kepepet seperti itu, akhirnya mendorong nafsu sanubari untuk melakukan tindakan kurang baik. “Biasa petani menyemprot pakai Round Up biar lebih cepat kering, kelihatan matang. Padahal belum waktunya panen. Bawang merah sekarang komoditas yang ngeri untuk dikonsumsi.” Ujar Pak Agus Kurniawan (Koordinator Lapang Bina Kerabat Tani Jatayu).

“Kita banyak mengonsumsi racun yang nempel di bawang merah hasil semprotan petani.” Imbuhnya. Fakta-fakta mengerikan ini yang seharusnya segera disikapi oleh kita sebagai warga negara yang cinta tanah air.


Komentar
--> -->