• Anggita Salsabilah
    Anggita Salsabilah
    Sekolah Mudah adalah Startup yang membantu pembelajaran anak dalam bentuk les privat dengan metode belajar Stunning.
Ideas

Inovasi Teknik STUNNING Terintegrasi Growth dan Proficiency score

2020
Inovasi  Teknik STUNNING Terintegrasi Growth dan Proficiency score

Logo Sekolah Mudah

Sekolah mudah (SEMUD) pada awalnya merupakan startup yang bergerak dalam menyelesaikan masalahh mahasiswa/i yang memiliki masalah dalam finansial namun mempunyai kemampuan akademik dan mengajar yang baik. Hal ini merupakan pemikiran dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Kesehatan Masyarakat yang kemudian akhirnya membentuk Sekolah mudah pada bulan Agustus tahun 2019. Namun seiring dengan berjalannya waktu Sekolah Mudah pun akhirnya berevolusi tidak hanya ingin menyelesaikan permaslahan yang ada terjadi pada mahasiswa/i tapi juga yang menjadi target dari dampak yang dihasilkan. Dari yang awalnya masih menggunakan pemasaran yang offline, belum memiliki fitur – fitur yang banyak hingga akhirnya sudah terintegrasi online dan memiliki standarisasi yang baik. Hingga pada bulan Oktober akhirnya kami telahh merampungkan metode STUNNING dan menerapkannya pada murid – murid di Sekolah Mudah.

Sekolah Mudah sendiri sudah beroperasi semenjak 17 September 2019 yang lalu dan sudah menangani 84 murid dalam 2302 pertemuan yang tersebar disekitaran kota Medan, Sumatera Utara. Kami sekarang juga sudah berkerja sama dengan sekitar 114 sekolah. Pada awalnya sekolah mudah hanya berfokus pada penyedian Les Privat bagi siswa/i Sekolah Dasar dan Pre School, namun seiring penyesuaian strategi pemasaran saat ini sekolah mudah juga meluncurkan website yang berisi subproduk yang membantu Sekolah Mudah untuk mendapatkan murid bagi les privat dan tentunya jumlah murid, pertemuan dan sekolah akan bertambah seiring dengan semakin besarnya ekspansi yang akan dilakukan.     Sehingga dengan adanya kordinasi yang terkait ini akan menghasilkan ekosistem baik bagi tumbuh kembang anak terutama dalam bidang Pendidikan.

Berdasarkan data yang didapat dari datat statistik kementerian Pendidikan dan Budaya  Indonesia sendiri saat ini memikili lebih dari 22 juta murid yang terbagi ke dalam 6 tingkatan dan  tersebar diseluruh Indonesia. Sumatera Utara sendiri memiliki sekitar 1,7 juta murid. Besarnya jumlah siswa/i sayangnya tidak dibarengi dengan ekosistem yang mumpuni dan efektif yang akhirnya berefek pada ketidaktahuan orang tua maupun guru terhadap hambatan yang dialami oleh anak dalam Pendidikan.

Hasil ini kami dapati dari survei yang sudah kami lakukan terhadap 178 orang tua kami mendapati lebih dari 83% setuju bahwa akses yang terbatas dan tidak memadai menjadi salah satu masalah sehingga orang tua seringkali salah dalam memilih sekolah, tindakan, hingga Pendidikan ekstra diluar dari jam sekolah untuk anaknya. Permasalahan ini tentunya lazim bagi orang tua yang memasukkan anaknya di sekolah negeri. Dimana dari hasil yang kami dapat, sekitar 9 dari 10 sekolah tidak memiliki akses informasi online yang lengkap dan efektif untuk berhubungan dengan orang tua murid mereka. Hal ini pada dasarnya bukan merupakan kesalahan guru maupun sekolah, namun keterbatasan dana yang akhirnya membuat hal ini bisa terjadi.

Kemudian dari hasil survei juga dari orang tua kami juga menemukan permasalahan terbesar kedua yaitu 79% setuju bahwa perkembangan Pendidikan yang sangat cepat dan semakin kompleks membuat orangtua kewalahan dalam mengajarkan pelajaran bagi anaknya. Sehingga berujung pada ketidak tahuan, mendaftarkan anaknya les konvensional, dan sebagainya. Bisa disimpulkan yaitu pertama akses yang masih terbatas dan kedua yaitu pelajaran yang semakin kompleks. Dua hal ini jadi hal mendasar dari pergerakan Sekolah Mudah saat ini untuk berinovasi.

Sekolah mudah pada awalnya merupakan startup yang bergerak dalam menyelesaiakn masalahh mahasiswa/i yang memiliki masalah dalam finansial namun mempunyai kemampuan akademik dan mengajar yang baik. Hal ini merupakan pemikiran dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Kesehatan Masyarakat yang kemudian akhirnya membentuk Sekolah mudah pada bulan Agustus tahun 2019. Namun seiring dengan berjalannya waktu Sekolah Mudah pun akhirnya berevolusi tidak hanya ingin menyelesaikan permaslahan yang ada terjadi pada mahasiswa/i tapi juga yang menjadi target dari dampak yang dihasilkan. Dari yang awalnya masih menggunakan pemasaran yang offline, belum memiliki fitur – fitur yang banyak hingga akhirnya sudah terintegrasi online dan memiliki standarisasi yang baik. Hingga pada bulan oktober akhirnya kami telahh merampungkan metode STUNNING dan menerapkannya pada murid – murid di Sekolah Mudah.

Sekolah Mudah sendiri sudah beroperasi semenjak 17 September 2019 yang lalu dan sudah menangani 84 murid dalam 2302 pertemuan yang tersebar disekitaran kota Medan, Sumatera Utara. Kami sekarang juga sudah berkerja sama dengan sekitar 114 sekolah. Pada awalnya sekolah mudah hanya berfokus pada penyedian Les Privat bagi siswa/i Sekolah Dasar dan Pre School, namun seiring penyesuaian strategi pemasaran saat ini sekolah mudah juga meluncurkan website yang berisi subproduk yang membantu Sekolah Mudah untuk mendapatkan murid bagi les privat.

Metode STUNNING merupakan sebuah metode Data Saintis yang terdiri dari hasil Screening Test yaitu berupa Parent Developmental Status , Brigance Testing Result , Achievement Test , dan Week Evaluation. Setelah dilakukannya Screening test maka hasil tersebut akan digabungkan dengan data yang akan didapat dari guru/wali kelas/sekolah yang nantinya akan menjadi indikator kedua sebelum pada akhirnya data saintis ini akan dijadikan dan dirumuskan kedalam 5 metode belajar yaitu Kinestetik, Audio, Visual, Reading/Writing, dan Gifted.


Komentar
--> -->