• Muhammad Husni
    Muhammad Husni
    Nama : Muhammad Husni Tempat & Tanggal Lahir : Jeneponto, 08 Agustus 1999 Kota Asal : Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sul-sel Pekerjaan : Mahasiswa Motto : belajar menjadi udara, tidak terlihat namun sangat dibutuhkan.
Ideas

E-Kelontong (Elektronik Kelontong)

2020
E-Kelontong (Elektronik Kelontong)

E-Kelontong

Indonesia merupakan negara penganut sistem ekonomi kerakyatan yang menitikberatkan pada keadilan dan kesejahteraan masyarakat melalui UMKM (Usaha Kecil Menengah). UMKM di Indonesia memiliki kotribusi besar dalam Produk Domestik Bruto Nasional sebesar 62,57% dari total PDB Nasional tahun 2017 bahkan jumlah UMKM di Indonesia tecatat lebih dari 59 juta usaha per Desember 2017 (Puspayoga, 2018).

Kuantitas UMKM yang besar tidak menjamin kualitasnya, eksistensi UMKM juga masih perlu dibenahi. UMKM gagal  masuk pasar disebabkan kurangnya penambahan nilai guna terhadap komoditas unggul disuatu wilayah, selain itu gaya dorongan dari bawah ke atas sangat diperlukan demi mendukung revolusi industri 4.0 untuk perwujudan Indonesia emas 2045. Berdasarkan analisis permasalahan diperlukan suatu solusi yang mampu menjawab permasalahan.

Adapun cara kerja dari yakni E-Kelontong menghimpun para pengusaha UMKM hulu dan hilir dan mengintegrasikannya dalam aplikasi untuk mempermudah penyediaan bahan baku produksi. Prinsip kerjanya, penjualan barang produksi dan pemenuhan bahan produksi UMKM, pemesanan barang melalui pre-order atau secara langsung dengan pengiriman melalui jasa logistik di seluruh Indonesia serta penjualan produk UMKM dapat berifat kontinu seperti produksi produk untuk bahan baku dijual kepada UMKM lain untuk dikembangkan.

Selain itu, hadirnya E-Kelontong diharapkan mampu menjadi wadah yang dapat mengubah sistem yang mendukung UMKM, serta merupakan gagasan untuk pemerintah sebagai upaya memajukan UMKM melalui pengadaan E-Kelontong dengan teknik implementasi pembuatan aplikasi, sosialisasi, kerjasama dengan pemerintah dan perusahaan untuk promosi hingga logistik, pelatihan dan pengembangan UMKM, pemberian reward, dan evaluasi hasil kinerja aplikasi.


Komentar
--> -->