• Satria Arif Hidayat
    Satria Arif Hidayat
    Saya adalah mahasiswa Teknik Industri Universitas Syiah Kuala dengan fokus ilmu di bidang Sistem Rekayasa Industri dan Rantai Pasok serta memiliki minat dan ketertarikan akan ilmu yang berkaitan dengan Human Resource, Comunity Development, Manajemen Proyek, Perancangan Bisnis dan Managemen Bisnis
Ideas

Le-Mirego, Hubungkan UMKM dengan Akademisi

2019

Pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (KEMENPERIN RI) pada tahun 2018 melalui laman website resminya menyatakan bahwa kontribusi sektor usaha mikro, kecil, dan menengah terhadap produk domestik bruto meningkat dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen dalam lima tahun terakhir. Serapan tenaga kerja pada sektor ini juga meningkat, dari 96,99 persen menjadi 97,22 persen pada periode yang sama.

Meskipun indikator kontribusi terhadap pembentukan produk domestik bruto (PDB) dan serapan tenaga kerja naik, akses sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ke rantai pasok produksi global sangat minim. Kontribusi UMKM di Indonesia terhadap rantai pasok global hanya 0,8 persen. Di ASEAN, kontribusi UMKM Indonesia terhadap rantai pasok produksi global hanya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Brunei, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Kontribusi tertinggi sektor UMKM terhadap rantai pasok produksi global mencapai 2,7 persen. Padahal, ASEAN berkontribusi 9,3 persen terhadap rantai pasok produksi global pada periode 2009-2013. Sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah maka dibentuklah platform "Le-Mirego" (Lelang Mini Research and Development For UMKM Go International).

Platform "Le-Mirego" (Lelang Mini Research and Development For UMKM Go International) adalah suatu platform yang dirancang dengan tujuan untuk mempertemukan antara pegiat usaha usaha mikro, kecil dan menengah dengan akademisi dengan skema yang saling menuntungkan. Sasaran pengguna platform ini adalah para pegiat usaha yang terdiri dari usaha mikro, kecil dan menengah serta akademisi meliputi mahasiswa, dosen ataupun peneliti. Skema yang direncanakan pada platform ini adalah merancang suatu website yang dapat diakses secara umum dan gratis oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Proses yang awal yang harus dilakukan untuk menggunakan platform ini adalah pegiat usaha dan akademisi membuat akun pengguna “Le-Mirego” dengan mengisikan profil. Setelah terdaftar sebagai pengguna, pegiat usaha dapat menggunakan platform dengan cara mulai menuliskan topik permasalahan yang tengah dihadapinya dalam platform ataupun akademisi menuliskan topik permasalahan yang ingin diselesaikan sesuai bidang keilmuannya. Selanjutnya data topik permasalahan yang telah ditulis akan terekap dan ditampilkan dalam list tampilan website berupa nama dan alamat pengguna. Setiap pengguna dapat menanggapi atau berkomentar pada platform dan juga dapat melakukan mention pada saat melakukan komentar. Para pegiat usaha dan akademisi selanjutnya dapat melakukan pesan lanjutan/berdiskusi awal melalui pesan instan yang disediakan platform ataupun langsung mengunjungi lokasi usaha yang ingin diselesaikan permasalahannya.

Hadirnya platform ini diharapkan dapat menjadikan salah satu solusi untuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah berdaya saing secara global dan dapat membantu para akademisi dalam membantu masyarakat dalam hal penelitian dan pengabdian untuk membantu pegiat usah menghadapi permasalahan yang ada.


Komentar
--> -->