• Alexander Randika Pratama
    Alexander Randika Pratama
    Alexander Randika Pratama atau yang biasa disebut Randi merupakan lulusan Universitas Negeri Malang jurusan Desain Komunikasi Visual. Pada akhir tahun 2018, sempat menjalani program magang di Satu Data Indonesia - Kantor Staf Presiden sebagai seorang Design Specialist. Dan kini, Randi melanjutkan karirnya menjadi bagian dari Tim Implementasi dan Pengelolaan di Jabar Digital Service sebagai seorang Graphic Designer.
Ideas

Ketika Kebaikan, Berbuah Keuntungan

2019

Usaha sosial merupakan sebuah kegiatan kewirausahaan berbasis sosial pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk terjadinya perubahan sosial atau lingkungan, serta menjalankan bisnis yang berkelanjutan secara stimultan. Di Indonesia sendiri gerakan ini cukup populer akhir-akhir ini. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan jumlah usaha sosial mencapai 5 kali lipat lebih besar dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, dengan sektor industri kreatif, agrikultur dan pendidikan sebagai penggerak utama.

Namun demikian, perkembangan usaha sosial di Indonesia bukanlah tanpa adanya tantangan dan permasalahan. Tidak hanya soal kebijakan dan regulasi yang masih belum mendukung penuh terciptanya ekosistem berkembangnya usaha ini. Namun juga keterbatasan pola pikir dan dukungan masyarakat terhadap pengembangan usaha sosial. Hal ini tidak terlepas karena adanya perbedaan pengelolaan profit / keuntungan dalam bisinis model yang dilakukan usaha sosial, jika dibandingkan dengan usaha konvensional yang ada.

Melihat besarnya potensi sosial dan ekonomi yang dapat dijangkau melalui usaha ini di masa depan. Maka tugas yang kita harus selesaikan adalah bagaimana menciptakan ekosistem terciptanya usaha sosial, terutama di wilayah terpencil dan tertinggal. Tidak hanya melalui kebijakan ataupun regulasi yang mengatur soal finansial maupun pasar. Namun juga bagaimana cara menumbuhkan dukungan baik moral maupun material dari masyarakat, melalui kurikulum pendidikan dan pembangunan infrastruktur yang merata.


Comment
--> -->