• Dr. Rochmat Budi Santosa
    Dr. Rochmat Budi Santosa
    Rochmat Budi Santosa, menyelesaikan Doktor di Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 2017, sebagai dosen dan praktisi pendidikan lebih dari 20 tahun, menjadi pembicara dalam forum ilmiah internasional bertema pendidikan, bahasa, kajian sosial, dan tema-tema terkait.
Papers

Partisipasi Aktif Masyarakat Dalam Pendidikan: Studi Kasus pada Penyelenggaraan Pendidikan Formal di Surakarta

2018

Abstraksi

Pengaruh masyarakat terhadap pendidikan sebagai lembaga sosial terasa amat kuat dan bersifat kompleks karena lingkungan masyarakat terdiri dari kelompok masyarakat Upper Class, Middle Class, dan Lower Class. Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan hubungan dan partisipasi aktif antara masyarakat dengan lembaga pendidikan dalam kegiatan pendidikan. Penelitian melibatkan peran orang tua, guru dan karyawan, serta masyarakat untuk penggalian data melalui wawancara, pengamatan, dan FGD (Focused Group Discussion). Data dianalisis menggunakan model analisis jalinan (flow model analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pengembangan hubungan dan partisipasi aktif antara masyarakat dengan lembaga pendidikan diwujudkan dalam bentuk dukungan dan partisipasi aktif semua pihak yang meliputi antara lain : (1). pengembangan personil, seperti : tenaga ahli, konsultan, staf pengajar, orang tua, pengawas dan sebagainya, (2). penggalian sumber dana yang diperlukan untuk mendukung tersedianya fasilitas seperti gedung, perlengkapan kantor, perpustakaan, dan perlengkapan bahan-bahan pengajaran lainnya, (3). penguatan dukungan berupa informasi dari berbagai media, lembaga instansi terkait, dan berbagai sumber lainnya guna mendukung kelancaran proses pendidikan, (4). peran serta Komite Sekolah secara aktif dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan pada tingkat Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota yang tidak mempunyai hubungan hirarkis. Akhirnya, perlu ditelusuri bahwa dukungan perbaikan dan partisipasi aktif dari masyarakat dapat diperoleh apabila saluran komunikasi dua arah dapat ditegakkan dan dipelihara yaitu : kerja sama perlu dibangun, dan konflik yang terjadi dapat segera diatasi.

Komentar
--> -->