• Yunita Ratih Wijayanti
    Yunita Ratih Wijayanti
    Seorang planner yang bekerja secara freelance dan tergabung dalam komunitas Local Guide by Google Maps.

Sistem Ulasan sebagai Strategi dalam Peningkatan Kualitas Produk

April 18, 2020

Perkembangan teknologi dan informasi yang berkembang pada abad 21 telah mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia. Salah satu perubahan tersebut ditandai dengan pergeseran cara jual beli yang awalnya konvensional menjadi online. Fenomena ini dikenal dengan nama e-commerce. Pertumbuhan e-commerce tiap tahunnya tercatat sangat pesat. Pada tingkat global nilai transaksi e-commerce diprediksi mencapai > 230% di tahun 2021 dengan valuasi USD 4,48 triliun atau setara Rp 60.467 triliun [1]. Sedangkan di Indonesia, volume bisnis e-commerce di Indonesia diprediksi akan mencapai USD 130 miliar dengan angka pertumbuhan per tahun sekitar 50% [2]. Kepopuleran tingkat jual beli online shopping tidak terlepas dari peran kaum muda, apalagi isu pemanfaatan bonus demografi di Indonesia. Kondisi pandemi virus COVID-19 juga ikut melanggengkan online shopping akibat aturan work from home. Belanja online memang dikenal lebih menarik dengan harga yang seringkali lebih murah dibandingkan belanja secara konvensional. Namun perlu diketahui bahwa terkadang persaingan harga di toko online sangat tidak masuk akal antara satu dengan yang lainnya, sehingga sebagai seleksi mandiri para pembeli memerlukan fasilitas rating dan hasil ulasan produk agar dapat memutuskan.

Keputusan para pembeli untuk membeli atau tidak merupakan efek langsung dari ulasan online (Cheung dan Thadani, 2012; Floyd et al., 2014; King et al., 2014; You et al., 2015; Babic Rosario et al., 2016). Ulasan online akan memberi perusahaan pengetahuan strategis yang sangat penting untuk penetapan harga, perkiraan permintaan, kualitas produk penilaian, dan manajemen hubungan pelanggan. Seperti contoh pada fitur Amazon yang meminta konsumen untuk menjawab pertanyaan, "Apakah ulasan ini bermanfaat?". Menurut Spool (2009), fitur sederhana ini bertanggung jawab atas lebih dari USD 2,7 miliar pendapatan baru untuk Amazon setiap tahunnya.

 

Meskipun banyak sistem review fitur desain telah diusulkan selama bertahun-tahun, hanya sedikit yang benar-benar dianalisis

 

 


Komentar