• Herawati
    Herawati
    Alumni Global Health True Leader Batch 7, yang merupakan Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman Angkatan 2014, yang saat ini sedang mengembangkan startup bernama 1healthcollaboraction yang memiiki dua inovasi yaitu basamibazimi dan shop.141 bersama tim dan didampingi dua advisor. cek : www.1healthcollaboraction.com

Shop.141: Inovasi Social E-Commerce, Beli Satu untuk Satunya Lagi

June 11, 2018
Shop.141: Inovasi Social E-Commerce, Beli Satu untuk Satunya Lagi

Alasan Shop.141 Lahir sebagai Social E-Commerce

"Bayangkan bila kamu tak punya pekerjaan atau uang yang cukup, sehingga kamu dan anakmu terpaksa hanya makan dua-empat suap nasi tanpa lauk sehari, atau tak makan seharian."

Begitulah potret sehari-hari dari keluarga prasejahtera yang memiliki anak kurang gizi. Tak sanggup membeli makanan sehat dalam jumlah yang cukup, terpaksa makan makanan yang sangat sederhana atau tak makan sama sekali.

Berdasarkan BPS 2016 & 2017, tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia cenderung meningkat yaitu dari 4.92% di tahun 2016, menjadi 5.01% di tahun 2017. Selain itu, jumlah penduduk miskin di Indonesia juga cenderung menurun, yaitu dari angka 27,76 juta jiwa di tahun 2016, menjadi 26,58 juta jiwa di tahun 2017. Akan tetapi, berdasarkan PSG 2016 & 2017, angka prevalensi stunting pada bayi usia dibawah tahun meningkat, dari 21.7% di tahun 2016, menjadi 29,6% di tahun 2017.

Meskipun secara data dan presentase, pertumbuhan ekonomi cenderung meningkat dan tingkat kemiskinan cenderung menurun, akan tetapi tingkat stunting, salah satu gangguan gizi kronis akibat kekurangan zat gizi mikro dalam jangka waktu yang sangat panjang, pada bayi usia dua tahun kebawah cenderung meningkat dan masih di atas 20%.

Menurut standar WHO, suatu wilayah dikatakan mengalami masalah gizi akut bila prevalensi bayi stunting sama/lebih dari 20%. Fakta data tersebut menunjukkan ketimpangan sosial yang masih tinggi di Indonesia, terlebih  lagi seseorang dengan penghasilan sebelas ribu rupiah perhari atau setara Rp 332.119 perbulan dikategorikan tidak miskin, oleh Badan Pusat Statistik.

Berdasarkan Rapid Rural Appraisal yang dilakukan 1healthcollaboraction awal tahun 2018, kebanyakan bayi usia dibawah dua tahun yang menderita stunting berasal dari keluarga prasejahtera yang memiliki banyak anak dan berpenghasilan 11.000 rupiah keatas perhari, namun masih di bawah upah minimum rakyat, sehingga kebanyakan mereka tak mampu membeli makanan sehat gizi seimbang dalam jumlah yang cukup untuk konsumsi mereka sekeluarga.

Menyadari hal tersebut, 1healthcollaboraction, start up yang masih dikembangkan untuk perbaikan gizi di Indonesia, tak hanya berfokus di edukasi dan konseling, tetapi juga mengembangkan model bisnis wirausaha sosial berbasis digital, bernama shop.141, beli satu untuk satunya lagi.

Konsep @shop141, yang merupakan produk jasa startup wirausaha sosial berbasis digital, ditujukan untuk menambah kas 1healthcollaboraction untuk melakukan program pemberdayaan keluarga prasejahtera dan perbaikan gizi pada anak yang berasal dari keluarga prasejahtera agar menghasilkan dampak yang lebih besar. @Shop141 merupakan tempat dimana konsumen bisa membeli barang yang dibutuhkan dan/atau diinginkan, sekaligus membantu para keluarga prasejahtera mendapatkan program pemberdayaan yang mampu mengangkat mereka dari lingkaran kemiskinan dan menolong anak yang berusia di bawah dua tahun dan di bawah lima tahun yang kekurangan gizi untuk mendapatkan program rehabilitasi gizi agar mereka mampu bertumbuh kembang optimal.

Adapun produk yang dipasarkan melalui @shop.141 ialah, namun tak terbatas pada:

  1. Pangan lokal basah: pemasaran di daerah lokal dengan sistem pemesanan terlebih dahulu untuk menghindari kelebihan stok.
  2. Pangan lokal kering: pemasaran makanan lokal kering yang disesuaikan dengan potensi lokal dan memiliki ketahanan untuk dipasarkan lebih luas.
  3. Produk kerajinan daur ulang dengan sentuhan khas kain kedaerahan.

Semuanya ialah hasil dari pemberdayaan masyarakat, terutama dari keluarga prasejahtera, yang setiap penjualannya mampu membantu satunya lagi, program pemberdayaan dan rehabilitasi gizi. Konsep wirausaha sosial dipilih untuk menghindari ketergantungan pelaksanaan program terhadap donasi dan menciptakan program yang berdampak lebih berkelanjutan.

Saat ini @shop.141 sedang dikembangkan di Kota Samarinda yang memiliki lebih dari 400 balita yang menderita kekurangan gizi, namun kedepannya dapat dikembangkan dan/atau direplikasi di daerah lainnya untuk mencapai dampak yang lebih luas dalam bidang perbaikan gizi untuk mengupayakan sehat setara. Hanya di shop.141, beli satu untuk satunya lagi.

Produk yang kamu beli sampai ke tangan kamu, tapi kamu juga berkontribusi untuk memperbaiki gizi anak balita yang kurang gizi dan membantu keluarga prasejahtera mengangkat derajat ekonomi dan ketahanan pangan mereka. @Shop141, Inovasi Social E-commerce, beli satu untuk satunya lagi, Bersama #AtasiKesenjangan, #KesenjanganEkonomi sekaligus #KesenjanganGizi .

Kini setiap orang mampu menjadi pahlawan penghapus kekurangan gizi dan ketahanan pangan daerah di penjuru negeri, juga perbaikan ekonomi. Ayo dukung @shop.141 menjadi inovasi yang akan dipresentasikan di Indonesia Development Forum #IDF2018 upaya Bappenas didukung Pemerintah Australia pada 10-11 Juli 2018 untuk #AtasiKesenjangan.

Like dan berikan komentar positif pada artikel ini, share juga tulisan ini, agar semakin banyak yang tahu tulisan ini dan mendukung @shop.141 untuk #AtasiKesenjangan Ekonomi dan Gizi Sekaligus dengan memanfaatkan potensi ekonomi digital masa kini dan nanti.


Komentar
  • Generic placeholder image
    Haniena Diva - 11 Jun 2018 21:18
    Ide yang sangat bagus. Memberikan tidak hanya dari segi pengetahuan tapi jg ilmu praktek dan pemberdayaan masyarakat secara ekonomi. Semoga dapat berjalan terus-menerus.
  • Generic placeholder image
    Dwi Luthfi - 12 Jun 2018 9:39
    Saya juga membayangkan ketika ide ini terwujud, banyak generasi calon pemimpin masa depan yang sangat terbantukan. Orang-orang yang mengabdikan dirinya pada pemberdayaan masyarakat utamanya di bidang kesehatan, sejatinya dialah yang telah menjalankan amanat konstitusi Republik Indonesia. Konsep yang sesuai dengan masalah dan kesenjangan yang terjadi. Konsisten dan berkelanjutan. Membantu ekonomi pra-sejatera sekaligus menghapus kekurangan gizi. Indonesia pasti tidak akan menyia-nyiakan ide brilian ini, seisi Samarinda mendukungmu ! Semangat !
  • Generic placeholder image
    Aji - 12 Jun 2018 9:39
    Penekanan masalah dan solusinya applicable dengan platform market place dibuat startup membuat semua orang bisa mengakses dengan sederhana. Harapannya bisa memberikan dampak yang signifikan untuk mengajak masyarakat lebih peduli dan berkontribusi. Salute!
  • Generic placeholder image
    Arindah Nur Sartika - 12 Jun 2018 9:46
    brilliant idea! saya senang membacanya, sebagai nutritionist ini tentu akan membantu kinerja kami...
  • Generic placeholder image
    Aronia Lola - 12 Jun 2018 9:48
    Berharap ke depan startup ini dapat berjalan dan terus berkembang dengan dukungan berbagai pihak, sehingga makin maju dan membawa dampak positif tentunya untuk mengatasi masalah ekonomi dan gizi.
  • Generic placeholder image
    Arindah Nur Sartika - 12 Jun 2018 9:48
    Brilliant idea, sebagi nutritionist saya menyadari program seperti ini akan membantu pengentasan masalah gizi di indonesia. Semoga kemudian hari betul tercipta utk yg lebih luas lagi.
  • Generic placeholder image
    Alissa Sita Pertiwi - 12 Jun 2018 10:12
    Sebuah konsep yang bagus yang dapat menggandeng berbagai sektor sekaligus, dan akan sangat bermanfaat apabila sudah berjalan dengan baik. Tidak hanya untuk memperbaiki gizi dan meningkatkan ketahanan pangan masyarakat, tetapi juga dapat meningkatkan kesempatan dan kemampuan masyarakat untuk memperbaiki kondisi ekonomi mereka. Semoga bisa segera terealisasi.
  • Generic placeholder image
    Sarah christy - 12 Jun 2018 11:34
    Ide yg diajukan soluyif dan applicable untuk membantu mengatasi masalah stunting di Indonesia. Semoga dapat terealisasi, direplikasi di daerah rawan stunting, bahkan berkolaborasi dengan stakeholder lainnya :)
  • Generic placeholder image
    Maryo Neno - 12 Jun 2018 13:36
    Mungkin suatu ide yg sangat creatif.. Namun penjelasan mengenai ide jgn terlalu umum sehingga apambaca lebih mengerti dan meresponinya.. Selain itu saya berharap bahwa ide seperti ini sebaiknya mulai di promosokin secara global menggunakan media sosial yg cukup menarik berbagai kalangan baik dari kalangan orangtua, anak muda, maupun anak".. Sesuatu proposal yg sebenarnya sangat menarik dan mungkin kedepannya dapat di promosikan dalam bentuk video yg lebih mudah d mengerti dan menarik minat para warganet yg ingin bergabung
  • Generic placeholder image
    Maryo Neno - 12 Jun 2018 13:43
    Cukup menarik idenya.. Dengan satu pembelian benda dapat memberikan 1 donasi benda kepada masyarakat yg membutuhkan, dengan menekankan bahwa masyarakat tidak hanya sekedar menyumbangkan saja.. Tapi hasil sumbangan tersebut berasal dari benda yg dibeli nantinya. Konsep pemberdayaan sumber daya manusia dan sumber daya alam dari suatu wilayah menjadi lebih memumpuni dan lebih bagus sehingga penurunan angka kesenjangan sosial d masyarakat dengan perlahan akan mengalami tingkat penurunan perlahan
  • Generic placeholder image
    Gaung Bhima Hamisesa - 13 Jun 2018 5:32
    Saya sangat menghargai serta mengapresiasi niat dan ide mba Herawati yang sangat mulia yang mana dapat memberikan solusi dan kontribusi terhadap negaranya yang masih bermasalah dalam memperbaiki gizi balita yang kurang memadai dan membantu keluarga prasejahtera. Saya pikir startup ini sangat layak untuk dikembangkan dan di realisasikan apalagi dengan adanya sistem "Dengan satu pembelian benda dapat memberikan 1 donasi benda kepada masyarakat yg membutuhkan". Tentu saja langkah ini dapat mensejahterakan masyarakat dan bernilai amal sholeh bagi para pelakunya serta membentuk jiwa peduli sesama antar manusia dan menjauhkan sikap hedonisme yang telah mewabah di kalangan kaum muda saat ini. Intinya saya support banget dah sama startup ini..
  • Generic placeholder image
    Deka - 13 Jun 2018 5:41
    Semoga shop.141 dapat menjadi solusi yang efektif untuk #AtasiKesenjanganEkonomidanGizi
  • Generic placeholder image
    Gardian Bimo Lukito - 13 Jun 2018 8:36
    Couldnt agree more. Sepertinya Badan Pusat Statistik perlu merevisi pernyataan terkait kategori tidak miskin, mengingat banyak parameter yang harus dipertimbangkan seperti yang sudah Hera paparkan. Semoga start up ini memberi dampak positif dan merupakan solusi nyata untuk membantu memperbaiki gizi anak balita yang kurang gizi dan membantu keluarga prasejahtera mengangkat derajat ekonomi dan ketahanan pangan. #penghapusanKelaparan #ketahananPangan
  • Generic placeholder image
    Rahman Putra - 13 Jun 2018 11:03
    Semangat mengimplementasi dan berkontribusi
  • Generic placeholder image
    Angelini Sollistifani - 13 Jun 2018 11:42
    Semoga inisiatif ini memberikan langkah konkrit dan berdampak positif! #ketahananpangan
  • Generic placeholder image
    Cindy monica - 13 Jun 2018 14:45
    Idenya cukup menarik. Semoga dapat memberi dampak positif ke depannya :)
  • Generic placeholder image
    Yeni Saro - 13 Jun 2018 16:11
    Idenya mantap, tepat sasaran dan solutif. Harapannya ide ini cepat diinplementasikan segera mungkin...
  • Generic placeholder image
    Firza Violita Putri - 13 Jun 2018 19:35
    Jadi seperti subsidi silang ya. Ide yang menarik. Semoga start-up nya sukses yaa Keep up the good work!
  • Generic placeholder image
    Jefry Indriawan - 13 Jun 2018 20:18
    Ide yang brilian, semoga memberikan langkah yang positif, dan bisa di realisasikan sesegera mungkin
  • Generic placeholder image
    Andi Anwar - 13 Jun 2018 20:36
    good idea...semoga ide bisa di ejawantahkan dalam bentuk program yg nyata untuk membantu masyarakat pra sejahtera untuk pertumbuhan dan perkembangan anak mereka, toh mereka juga kelak adalah generasi bangsa bayangkan apabila sedari kecil sudah tdk berkecukupan gizi pastinya akan menjadi beban pemerintah dan cerminan generasi penerus bangsa...sukses trus dek
  • Generic placeholder image
    Sita Nurlailly - 13 Jun 2018 21:19
    Idenya kreatif sih ini, karena kan sekarang mulai banyak orang yang sadar untuk turut membantu mengatasi kesenjangan dan permasalahan gizi di indonesia. Jadi kalau di praktikan, keren sih, karena sekali kita beli, kita ikut bantu saudara kita. Yuk kita mulai bantu saudara kita yang membutuhkan dengan cara yang kita bisa
  • Generic placeholder image
    Eko Nurwahyudi - 13 Jun 2018 22:33
    Hallo Hera, Idenya sangat kreatif, dimana ketika kita belanja, dengan otomatis kita juga turut membantu yang lain... Nah ada sedikit saran nih, nama startupnya udah bagus, cuman kepanjangan, gimana kalo dibuat singkat dan pandat gitu, seperti kitabisa, tokopedia, bukalapak dll deh... Biar orang gampang ngikatnya. Salam,
  • Generic placeholder image
    Muhammad Rizal Kusuma Aditya - 13 Jun 2018 23:36
    Ide yang sangat briliant. Semoga bisa bermanfaat kedepannya, Kalau di aplikasi kita jadi turut andil berperan untuk saudara kita yang membutuhkan
  • Generic placeholder image
    Isdesy Nandasari - 14 Jun 2018 0:08
    Good idea... semoga dapat menjadi inovasi yg terimplementasi dengan baik ke depannya
  • Generic placeholder image
    Dimas Prabu Tejonugroho - 14 Jun 2018 0:24
    Jika dilihat dari segi bisnis, tantangan terbesar yang harus dikejar oleh shop.141 adalah bagaimana shop.141 bisa bersaing sebagai marketplace utama untuk produk-produk hasil pemberdayaan. Karena tidak mungkin terus-terusan kita mempromosikan bahwa shop.141 adalah 'marketplace hasil pemberdayaan'. Apalagi banyak marketplace lain juga yg ada di pasar menawarkan hal sama dan kelangsungan program pemberdayaan masyarakat yg dijalankan disini tergantung profit yg dimasukkan shop.141. Karena itu harapannya pada saat startup ini dijalankan, diferensiasi produk, kualitas produk dan kecepatan delivery produk menjadi prioritas paling utama. Tentu dengan mempertimbangkan berapa keuntungan yg harus diterima shop.141 agar shop.141 bisa terus sustainable di industri digital. Sukses terus untuk startupnya.
  • Generic placeholder image
    Muhammad Miftahul Mubarok - 14 Jun 2018 7:03
    Harus perlu satu strategi publikasi branding agar ide ini diterima oleh masyarakat, karena sasaran utamanya adalah masyarakat yang mempunyai balita terutama. Semangat Hera!
  • Generic placeholder image
    Herlambang Tinasih Gusti - 14 Jun 2018 7:13
    Sociopreneur yang menarik, melibatkan berbagai elemen terutama sektor pertanian dan kesehatan, memang tidak bisa kita pungkiri bahwasanya sektor pangan masih dalam krisis sehingga tidak setiap masyarakat mampu menikmati pangan segar dari negeri kita sendiri, barangkali melalui Shop141 ini bisa membantu masyarakat terutama menengah kebawah untuk dapat menikmati pangan segar dari petani Indonesia,
  • Generic placeholder image
    Haris Setiadi - 14 Jun 2018 7:29
    Idenya bagus, semoga proyeknya bisa bermanfaat luas di masyarakat terutama keluarga prasejahtera
  • Generic placeholder image
    Anissa Dwi Rahmadhanti - 14 Jun 2018 7:58
    Ide yang menarik, semoga dapat terealisasi dengan baik dan memberikan dampak positif bagi kita semua.. good job
  • Generic placeholder image
    Soni - 14 Jun 2018 8:09
    Keren banget ..terus berusaha yah
  • Generic placeholder image
    Petra Laurensia Ginting - 14 Jun 2018 8:15
    Ide yg benar2 kreatif dan semoga bisa mendapat dukungan dari berbagai pihak yang terkait...
  • Generic placeholder image
    Adi Agustiansyah - 14 Jun 2018 8:26
    Nice idea,semoga ide ini memang bisa menyelesaikan permasalahan kurang gizi terutama di daerah-daerah terpencil dan tingkat ekonomi nya masih sangat rendah
  • Generic placeholder image
    Anik Rochimah - 14 Jun 2018 8:49
    Idenya bagus ...semoga bisa memberi kebermanfaatan yang nyata
  • Generic placeholder image
    Dhanny Pratama Kusuma Jaya - 14 Jun 2018 9:00
    Good
  • Generic placeholder image
    Haqqyana - 14 Jun 2018 9:32
    Idenya menarik
  • Generic placeholder image
    Ari Akbar Devananta - 14 Jun 2018 11:07
    Great Idea dan juga solutif! Good luck, Hera!
  • Generic placeholder image
    Leonardo Lalenoh - 14 Jun 2018 11:42
    Sangat menarik, salut buat Hera... Semoga inovasi ini dapat diaplikasikan di daerah-daerah 3T
  • Generic placeholder image
    Adhitya Arjanggi - 14 Jun 2018 11:51
    Sebagai sosial e-commerce yang berupaya memberikan problem solver atas kesulitan kondisi Keluarga Prasejahtera di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari - hari dan memenuhi kebutuhan gizi anak Baduta, Shop.141 adalah salah satu terobosan ide yang menarik dan perlu untuk terus diberikan dukungan. Ini disebabkan karya Herawati telah memberikan langkah teknis yang applicable dan mengikuti perkembangan era Industri 4.0 di Indonesia. Meskipun memiliki banyak hal yang perlu disempurnakan kedepan, Tidak menutup kemungkinan nantinya shop.141 akan mampu memasuki pasar dan bersaing dengan e-commerce lainnya. Namun perlu di garis bawahi bahwasanya shop.141 memiliki fokusan khusus di bidang Kesehatan dan hal ini menjadi nilai plus tersendiri. Olehnya itu Indonesia Development Forum harus menjadikan karya ini sebagai suatu referensi dalam untuk penyusunan RPJMN di bidang Kesehatan agar lebih holistik dan komprehensif. Selamat berjuang ya dik :).
  • Generic placeholder image
    Hanifah Y H - 14 Jun 2018 11:59
    Ide nya keren! Semoga dapat diwujudkan diaplikasikan dalam kehidupan nyata dan sukses
  • Generic placeholder image
    Fandi Kharisma - 14 Jun 2018 12:01
    Menjadi bagian dari perubahan dan memberikan ide alternatif pengentasan multiproblem seperti kemiskinan, kelaparan, kesehatan dan kesenjangan sosial melalui pendekatan e-gov inovation. Goodjob!
  • Generic placeholder image
    Auliya Nusyura Al Islami - 14 Jun 2018 12:47
    Nice idea, konsep sociopreneur yang tidak hanya menghasilkan profit, tapi juga mencoba mengatasi kesenjangan yang ada di masyarakat
  • Generic placeholder image
    Siti Maryam Purwoningrum, - 14 Jun 2018 13:05
    moga sukses ya
  • Generic placeholder image
    Syariefuddin Hamid - 14 Jun 2018 13:18
    Bisa saya katakan bahwa ini ide bukan hanya luar biasa tapi juga mulia dalam menyelamat balita yg kekurangan gizi. Saya berharap kedepannya program seperti bisa cepat masuk ke kita di wilayah timur,karna masih banyak bayi yg mengalami gizi buruk. Tetap semangat hera
  • Generic placeholder image
    Syafran Arrazy - 14 Jun 2018 13:37
    Keren Hera. Saya setuju dengan idenya. Solusi kesehatan tidak hanya mengatasi pengetahuan dan sikap, Ekonomi menjadi salah satu faktor dasar untuk masalah gizi dan kesehatan. Semoga ide inovasi nya dapat berjalan sukses menjadi solusi permasalahan gizi dan kesehatan di negeri ini yah. Semangat!!
  • Generic placeholder image
    Khasemy Rafsanjany - 14 Jun 2018 13:53
    Tulisan yg sangat bermanfaat. Sukses terus.
  • Generic placeholder image
    Noval Kurniawan - 14 Jun 2018 13:56
    Saat ini banyak orang pintar yang senang dengan diam, senang menerima dan jarang memberi. Bahkan banyak yang keluar dari profesi keilmuan yang seharusnya digeluti, sehingga pola kehidupan kita pun tidak seimbang karena suatu profesi tidak diisi oleh keilmuan yang seharusnya. Ide shope.141 ini menarik, karena membawakan profesinya untuk mengisi dunia usaha dengan prinsip sosial (sociopreneur). Sehingga kolaborasi ini kokoh dan mulia tujuannya untuk memberikan solusi dunia kesehatan, terutama sektor ekonomi yg menunjangnya. Sukses selalu, semoga platform ini dapat memberikan dampak yg membumi dan berguna bagi kemanusiaan.
  • Generic placeholder image
    Febri Yanto - 14 Jun 2018 14:28
    Ide nya cemerlang
  • Generic placeholder image
    Sri Nor Wulandari - 14 Jun 2018 14:38
    Kesehatan dan ekonomi adalah dua hal yg saling berkaitan. Dimana ekonomi merupakan penunjang untuk kesehatan keluarga. Melihat kondisi yg sedang dihadapi, ide shop.141 hadir untuk memberikan solusi. Ada nilai sosial dan kekeluargaan didalamnya. Karena hanya di shop.141, beli satu untuk satunya lagi. Keren dah. Good job. Ganbatte Hera ! :)
  • Generic placeholder image
    Ari Ahmad - 14 Jun 2018 14:42
    Mantap
  • Generic placeholder image
    Eldy saputra - 14 Jun 2018 14:54
    Good idea.. Semoga sukses dan bisa berkelanjutan untuk masyarakat Indonesia.
  • Generic placeholder image
    Helga Ndun - 14 Jun 2018 21:09
    Ide yang hebat, Hera! Pemberdayaan secara ekonomi memang jadi salah satu kunci dalam hal pembangunan kesehatan dan sekaligus memberikan ruang kepada kelompok sasaran untuk menjadi subjek dalam meningkatkan kehidupan ekonominya sendiri. Sukses yaaa!!!
  • Generic placeholder image
    Ahmad Thohir Hidayat - 15 Jun 2018 0:06
    Ide yang sangat bagus sekali, sebagai seseorang yang bergelut dibidang gizi komunitas saya saya mendukung apa yang ditawarkan pada ide ini, semoga dapat segera di aplikasikan
  • Generic placeholder image
    Hetifah sjaifudian - 15 Jun 2018 20:36
    Gagasan yang sangat menarik, semoga bisa direalisasikan dengan baik
  • Generic placeholder image
    Herawati - 18 Jun 2018 4:59
    Terimakasih banyak Bapak/Ibu/Teman-teman, atas dukungan tulus dan opini membangun nya. Apapun hasilnya, shop.141 akan tetap kami kembangkan untuk #AtasiKesenjangan #AtasiKesenjanganEkonomidanGizi InsyaAllah Mohon doa dan dukungannya agar startup ini turut hadir sebagai solusi untuk Indonesia. Feel free to discuss through or send email to herawatibalikpapan@gmail.com Have a blessed day everyoneee
  • Success!
    Failed!